LITERACY MENTORING DAN PENGEMBANGAN POJOK BACA UNTUK ANAK-ANAK MARJINAL DI SUNGAI RENGAS

  • Sary Silvhiany Universitas Sriwijaya
  • Hariswan Putera Jaya Universitas Sriwijaya
  • Dedi Kurniawan Universitas Sriwijaya
  • Dwi Maharrani Universitas Sriwijaya
Keywords: literacy mentoring, Gerakan Literasi Nasional, service learning, reading access, pojok baca

Abstract

Keterampilan literasi anak–anak usia sekolah di Indonesia terutama yang berasal dari kalangan sosial ekonomi bawah, masih sangat rendah karena mereka tidak mempunyai akses terhadap bacaan dan pembelajaran literasi yang berkualitas. Artikel ini melaporkan hasil kegiatan pengabdian terintegrasi yang bertujuan meningkatkan minat dan kemampuan baca siswa dan membangun kemampuan literasi bilingual siswa. Metode yang digunakan adalah pelatihan yang terwujud dalam kegiatan “literacy mentoring”. Program ini melibatkan 8 orang mahasiswa calon guru, 4 orang dosen, dan 30 orang siswa SD dan SMP. Hasil kegiatan pengabdian ini adalah: pertama, meningkatnya akses bacaan dan waktu yang digunakan siswa untuk melakukan kegiatan membaca. Kedua, siswa yang terlibat dalam kegiatan literacy mentoring menunjukkan peningkatan kemampuan memahami bacaan dan terbangunnya keterampilan menulis bilingual. Kesimpulan nya adalah kombinasi antara penyediaan bacaan di pojok baca dan literacy mentoring yang intensif berkontribusi pada peningkatan minat baca siswa dan keterampilan literasi siswa.

Author Biography

Sary Silvhiany, Universitas Sriwijaya

Dr. Sary Silvhiany is a full time lecturer at English Education Study Program, Sriwijaya University. She earned her first Master’s degree from Sriwijaya University in 2002. With a Fulbright scholarship, she pursued her study at Language Reading and Culture program at The University of Arizona, Tucson and earned a Master of Arts degree in 2007. She earned her Doctor of Philosophy (Ph.D.) in Literacy, Culture, and Language Education from Indiana University Bloomington in 2019. In addition to teaching, Dr. Silvhiany also serves as one of the literacy experts at the Direktorat Guru dan Tenaga Pendidikan, and the trainer for Kampus Merdeka 3 at Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Published
2022-05-12
How to Cite
Silvhiany, S., Jaya, H., Kurniawan, D., & Maharrani, D. (2022). LITERACY MENTORING DAN PENGEMBANGAN POJOK BACA UNTUK ANAK-ANAK MARJINAL DI SUNGAI RENGAS. JOURNAL OF SRIWIJAYA COMMUNITY SERVICE ON EDUCATION (JSCSE), 1(1), 10-21. https://doi.org/https://doi.org/10.36706/jscse.v1i1.361