MEDIA LOOSE PARTS : WORKSHOP PEMBELAJARAN SAINTIFIK BERMUATAN STEAM

  • Veryawan Veryawan IAIN Langsa, Aceh
  • Ade Tursina IAIN Langsa, Aceh
Keywords: workshop, metode STEAM, Loose Parts

Abstract

Keterampilan abad 21 sering disebut 4Cs, dalam bahasa Indonesia bisa diingat dengan singkatan 4 K, yaitu kreativitas, kritis, komunikasi, kerjasama. Hal ini sejalan dengan teori Bloom bahwa kreativitas merupakan kemampuan yang paling tinggi dalam aspek perkembangan kognitif. Keterampilan “The 4Cs” ini tidak dibawa sejak lahir oleh seseorang melainkan diperoleh dari proses latihan, belajar, maupun pengalaman. Guru memegang peranan penting dalam menyiapkan generasi-generasi yang unggul. Salah satunya adalah dengan adanya kegiatan workshop penggunaan Loose Parts dalam pembelajaran saintifik bermuatan metode STEAM. Kegiatan workshop ini dilakukan pada tanggal 18 November 2021 di TK Nurul Chadijjah Kota Langsa. Subjek pada kegiatan workshop ini ialah guru-guru anak usia dini yag tergabung pada komunitas IGTKI (Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia) Kota Langsa. Adapun metode yang diterapkan selama kegiatan pengabdian kepada masyarakat, meliputi: (1) pemaparan materi tentang metode STEAM berbahan media Loose Parts, (2) diskusi tentang materi workshop, (3) praktek membuat hasil karya dari media Loose Parts, (4) presentasi hasil karya yang telah dibuat. Pelaksana program pengabdian ini menemukan bahwa workshop tentang pembelajaran saintifik bermuatan STEAM dengan media Loose Parts ini sangat penting dilakukan dengan mengkolaborasikan metode yang telah banyak dikuasai oleh guru-guru dan memanfaatkan media yang ada di lingkungan, sehingga memaksimalkan proses pembelajaran.

Published
2022-05-12
How to Cite
Veryawan, V., & Tursina, A. (2022). MEDIA LOOSE PARTS : WORKSHOP PEMBELAJARAN SAINTIFIK BERMUATAN STEAM. JOURNAL OF SRIWIJAYA COMMUNITY SERVICE ON EDUCATION (JSCSE), 1(1), 30-37. https://doi.org/https://doi.org/10.36706/jscse.v1i1.365