PENDAMPINGAN PENYUSUNAN ASESMEN PEMBELAJARAN PEMODELAN MATEMATIKA BAGI GURU MATEMATIKA MAITREYAWIRA UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN PEMODELAN PESERTA DIDIK
Abstract
Peran asesmen pemodelan matematika sangat penting dalam menilai pembelajaran yang mengintegrasikan situasi dunia nyata dan ide-ide matematika dalam suatu permasalahan matematika. Penyusunan asesmen pemodelan matematika belum terlaksanakan secara maksimal dalam pembelajaran karena masih terbatasnya sumber yang menyediakan bentuk-bentuk permasalahan pemodelan matematika dan sumber yang mendukung pengembangan kemampuan guru dalam menyusun asesmen pembelajaran pemodelan. Kegiatan pendampingan pada pengabdian masyarakat ini disusun untuk Guru Matematika Maitreyawira pada jenjang SD, SMP, dan SMA dari berbagai provinsi di Indonesia dengan tujuan untuk melatih kemampuan guru dalam menyusun asesmen pembelajaran pemodelan matematika. Kegiatan terintegrasi dengan kegiatan akademi, praktik lapangan dan riset mahasiswa dengan melibatkan dosen sebagai pendamping. Kegiatan ini dilaksanakan secara tatap maya dengan pemaparan asesmen pembelajaran pemodelan matematika, pendampingan penyusunan asesmen pemodelan matematika dan presentasi tugas penyusunan asesmen. Data yang diperoleh dari kegiatan ini adalah persepsi guru terhadap kegiatan asesmen pemodelan matematika dan tugas peserta dalam menyusun asesmen yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat menunjukkan bahwa tanggapan peserta terhadap kegiatan baik.