PENDAMPINGAN KEGIATAN KAMPUS MENGAJAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI, NUMERASI, DAN ADAPTASI TEKNOLOGI DI SEKOLAH DASAR

  • Era Dewi Kartika IKIP Budi Utomo
  • Nok Izatul Yazidah IKIP Budi Utomo
  • Siti Napfiah IKIP Budi Utomo
Keywords: pendampingan, kampus mengajar, literasi, numerasi, adaptasi teknologi, sekolah dasar.

Abstract

Pendampingan kegiatan kampus mengajar yang dilakukan di sekolah dasar ini dapat memberikan dampak yang sangat positif, baik bagi sekolah, guru, bahkan siswa. Sesuai rencana diadakannya kegiatan kapus mengajar ini adalah untuk meningkatkan kemmapuan literasi, numerasi, dan adaptasi teknologi siswa. Siswa dapat mengalami peningkatan kemampuan-kemampuan tersebut setelah dilakukannya kegiatan kampus mengajar ini. Sesuai karakteristik siswa sekolah dasar adalah menyukai hal yang menyenangkan maka para mahasiswa yang melaksanakan kegiatan kampus mengajar di sekoalh ini memfasilitasi siswa agar dapat merasakan belajara yang menyenangkan. Aspek peningkatakn literasi dilakukan dengan cara membuat media literasi yang menarik bagi siswa. Kemampuan numerasi siswa dapat meningkat dengan dikembangkannya media pembelajaran berbasis permainan sehingga menampilkan wujud yang menyenangkan bagi siswa untuk belajat tentang numerasi dan memberikan reward kepada siswa, baik saat kegiatan pembelajaran maupun di akhir pembelajaran. Adaptasi teknologiĀ  dasar dapat ditingkatkan dengan sering diberikannya pelatihan tentang teknologi serta sering dikenalkan penggunaan dari teknologi tersebut dengan pemilihan tampilan atau penyajian yang menyenangkan siswa.

Published
2022-11-30
How to Cite
Kartika, E., Yazidah, N., & Napfiah, S. (2022). PENDAMPINGAN KEGIATAN KAMPUS MENGAJAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI, NUMERASI, DAN ADAPTASI TEKNOLOGI DI SEKOLAH DASAR. JOURNAL OF SRIWIJAYA COMMUNITY SERVICE ON EDUCATION (JSCSE), 1(2), 38-43. https://doi.org/https://doi.org/10.36706/jscse.v1i2.543