PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SMARTPHONE DALAM MENDUKUNG PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK DI KECAMATAN BANYUASIN III

  • Meilinda Meilinda Universitas Sriwijaya
  • Ida Sriyanti Universitas Sriwijaya
  • Rafli Fandu Ramadhani Universitas Sriwijaya
  • Leni Marlina Universitas Sriwijaya
  • Jaidan Jauhari Universitas Sriwijaya
  • Rudi Sanjaya Universitas Sriwijaya
  • Muhammad Rama Almafie Universitas Sriwijaya
Keywords: Media Pembelajaran, Kurikulum merdeka belajar, Smart phone

Abstract

Pada Tahun 2021 pemerintah mengagas kurikulum baru yaitu kurikulum merdeka belajar, namun dalam pelaksanaannya kurikulum ini masih terbatas pada sekolah penggerak. Salah satunya adalah Sekolah di Kecamatan Banyuasin III. Melalui Kepala Sekolah Penggerak Kecamatan Banyuasin III meminta bantuan kepada Program Studi Pendidikan Biologi FKIP, Program Studi Pendidikan Fisika FKIP, Sistem Informasi Fasilkom, Universitas Sriwijiya. Pelaksanaan  pengabdian  ini  dilaksanakan  27 Agustus  2021,  yang  dilaksanakan  di  SMAN 1 Sembawa yang  diikuti  oleh  22  orang  peserta. kegiatan  ini  menggunakan pendekatan pendampingan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan yaitu melatih menggunakan media smart phone sebagai media pembelajaran di kelas . Berdasarkan analisis N-Gain diperoleh hasil yang signifikan sebesar 0,71. Hasil N-Gain ternomalisasi untuk ketiga kemampuan tesebut termasuk kategori tinggi. Berdasarkan hasil angket, tingkat kepuasan kegiatan pengabdian pada masyarakat, mayoritas berada pada rentang sangat baik dan baik. Hal ini merepresentasikan kegiatan telah berjalan dengan baik, dimana materi yang disampaikan telah sesuai dengan harapan dan guru menerima manfaat secara langsung.

Published
2022-11-30
How to Cite
Meilinda, M., Sriyanti, I., Ramadhani, R., Marlina, L., Jauhari, J., Sanjaya, R., & Almafie, M. (2022). PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SMARTPHONE DALAM MENDUKUNG PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK DI KECAMATAN BANYUASIN III. JOURNAL OF SRIWIJAYA COMMUNITY SERVICE ON EDUCATION (JSCSE), 1(2), 58-66. https://doi.org/https://doi.org/10.36706/jscse.v1i2.574