PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BAGI GURU-GURU SD DI YAYASAN TARBIYAH SUNNAH YA BUNNAYA PALEMBANG
Abstract
Perubahan kerangka kurikulum tentu menuntut adaptasi oleh semua elemen sistem pendidikan. Kegiatan pelatihan dan pendampingan Implementasi Kurikulum Merdeka di ikuti sebanyak 14 guru SD di Yayasan Tarbiyah Sunnah Ya Bunnaya Palembang dengan tahapan yaitu pengenalan, pelatihan, pendampingan, dan pemamparan. Modul ajar yang di rancang oleh guru Yayasan Ya Bunayya telah baik, namun pada proses pembimbingan awal, masih ditemukan beberapa hal yang perlu diperbaiki seperti perumusan tujuan pembelajaran yang mengacu pada KKO, project yang di rancang perlu diperhatikan alat dan bahan yang mudah diperoleh dan tidak berbahaya bagi peserta didik dan lain sebagainya. Hasil Pretes menujukkan bahwa 21% guru yang telah memiliki pengetahuan terkait implementasi kurikulum merdeka. Setelah diberikan pelatihan dan pendampingan, menunjukkan bahwa 100% guru telah memiliki pengetahuan dan kemampuan terkait implementasi kurikulum merdeka. Berdaskan hal tersebut, diketahui bahwa Pelatihan dan Pendampingan Implementasi Kurikulum Merdeka dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan guru sekolah dasar di Yayasan Tarbiyah Sunnah Ya Bunnaya.