MENULIS ARTIKEL ILMIAH BAGI GURU BAHASA INGGRIS: ANTARA KEHARUSAN, KEINGINAN, DAN KEMAMPUAN
ANTARA KEHARUSAN, KEINGINAN, DAN KEMAMPUAN
Abstract
Abstrak
Guru sebagai agen perubahan memiliki peran penting dalam memperbaiki kualitas pendidikan. Guru diharapkan dapat menghasilkan peserta didik yang kompeten dari segi pengetahuan dan keterampilan serta memiliki karakter yang baik. Untuk itu guru juga dituntut untuk profesional dalam menjalankan tugasnya serta selalu mengembangkan diri secara berkelanjutan. Dalam pengembangan kompetensi berkelanjutan (PKB) guru dapat melakukan tiga hal yang terdiri dari pengembang diri (self-development), karya inovasi (innovative work), dan publikasi ilmiah (scientific publication). Dari ketiga bentuk PKB tersebut, publikasi ilmiah masih menjadi keterampilan yang belum banyak dikuasai oleh guru-guru sekolah menengah. Kegiatan pengabdian pada masyarakat (PPM) ini bertujuan meningkatkan pengetahuan tentang artikel ilmiah dan keterampilan dalam menulis karya ilmiah untuk dipublikasikan pada jurnal ilmiah bagi guru-guru Bahasa Inggris SMA Kota Palembang. Kegiatan diawali dengan pengenalan konsep-konsep penulisan artikel ilmiah (judul, abstrak, kata kunci, pendahuluan, kajian pustaka, metodologi, hasil dan pembahasan, kesimpulan, daftar pustaka) dan diakhiri dengan penerapan konsep tersebut dalam menulis artikel ilmiah. Pelaksanaan kegiatan PPM dimulai dengan presentasi tentang konsep-konsep artikel ilmiah, contoh-contoh artikel ilmiah, dan penulisan artikel ilmiah melalui pendampingan. Peserta pelatihan berperan aktif dalam kegiatan ini dan berhasil meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam menulis karya ilmiah untuk publikasi pada jurnal ilmiah.
Kata Kunci: Guru Bahasa Inggris, artikel ilmiah, publikasi
Abstract
Teachers as the agent of change have important role in increasing the quality of education. Teachers are expected to produce competent students in knowledge and skills, also in good character. Therefore, teachers are also demanded to be professional in carrying out their jobs and always develop themselves through continuing professional development. In continuing professional development (CPD) teachers can do three activities consisting of self-development, innovative work, and scientific publication. Of the three, scientific publication still becomes a skill that has not mastered by many secondary school teachers. This community service activity was aimed at increasing knowledge about scientific article and skills in writing scientific article for publication in academic journal for senior high school teachers in Palembang. The activity was begun with the introduction to the concepts of scientific article writing (title, abstract, keywords, introduction, literature review, methodology, results and discussion, conclusion, and references) and was finished with the application of the concepts in writing scientific article. The activities were implemented in presentation mode about the concepts of scientific article, examples of scientific article, and scientific article writing coaching. Participants of the activity were actively involved and were successful in increasing their knowledge and skills in writing scientific article for publication in the journal.
Keywords: Teachers of English, scientific article, publication