PENDAMPINGAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS E-COMIC BERBANTUAN WEBTOON SEBAGAI INOVASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF GURU-GURU SMAN 2 KAYUAGUNG OKI
Abstract
Pengabdian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis dampak pendampingan pembuatan media pembelajaran berbasis E-comic berbantuan webtoon sebagai inovasi dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif guru-guru di SMAN 2 Kayuagung, OKI. Metode pengabdian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan melibatkan guru-guru dari berbagai mata pelajaran di SMAN 2 Kayuagung sebagai subjek pengabdian. Instrumen pengumpulan data melibatkan wawancara dan observasi, dengan analisis data tematik. Hasil pengabdian mencakup langkah-langkah pengabdian, evaluasi kemajuan peserta melalui pre-test dan post-test. Nilai Pre-Test mencapai rata-rata 45, sementara Post-Test meningkat menjadi rata-rata 95, mencerminkan antusiasme peserta. Berdasarkan hasil survei, tingkat kepuasan peserta PKM mencapai sangat puas diatas 88% dan sangat puas diatas 11% dengan adanya pendampingan pembuatan media pembelajaran berbasis E-comic berbantuan webtoon. Kepuasan pelaksanaan kegiatan seluruh peserta tersebut sangat puas dengan adanya pendampingan pembuatan media pembelajaran berbasis E-comic berbantuan webtoon sebagai inovasi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif guru-guru SMAN 2 Kayuagung OKI.