http://ejournal.fkip.unsri.ac.id/index.php/jsce/issue/feedJOURNAL OF SRIWIJAYA COMMUNITY SERVICE ON EDUCATION (JSCSE)2024-07-11T07:18:25+00:00Dr. Budi Mulyono, S.Pd., M.Sc.budi_mulyono@fkip.unsri.ac.idOpen Journal Systems<p>JOURNAL OF SRIWIJAYA COMMUNITY SERVICE ON EDUCATION (JSCSE) merupakan media diseminasi online berbasis Open Journal System (OJS) yang mempublikasikan artikel atau tulisan ilmiah hasil kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Jurnal ini dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya dengan masa terbit 2 kali dalam setahun yaitu pada edisi Mei dan edisi November.</p> <p>E-ISSN : 2829-7490</p>http://ejournal.fkip.unsri.ac.id/index.php/jsce/article/view/370SOSIALISASI DAN KEPELATIHAN PENGELOLAAN SAMPAH ORGANIK MENJADI ECO ENZYME DI GUWOSARI TRAINING CENTER, PAJANGAN, BANTUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA2024-07-11T07:16:31+00:00Sekar Mutiara Rachmi Putri Setyawansekarmutiara2301@student.uns.ac.id<p>Pesatnya pertumbuhan penduduk di Indonesia menyebabkan tingginya permintaan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Salah satu cara masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya ialah dengan mengonsumsi suatu barang atau jasa. Dengan tingkat konsumsi masyarakat yang tinggi akan sebuah barang dapat menimbulkan permasalahan baru bagi lingkungan yaitu peningkatan jumlah sampah. Sampah datang dari berbagai sektor seperti rumah tangga, pabrik, sekolah, maupun restoran yang dapat mencemari lingkungan hidup apabila tidak ditangani dengan benar dan serius. Salah satu alternatif untuk penanganan sampah ialah melalui pengelolaan sampah organik menjadi <em>eco enzyme. </em>Berdasarkan identifikasi permasalahan yang ada, masalah utama yang dihadapi ialah kurangya pengetahuan dan keterampilan mitra perihal pengolahan sampah organik menjadi <em>eco enzyme</em>. Dengan begitu tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam pengelolaan sampah organik menjadi cairan <em>eco enzyme</em> yang memiliki berbagai manfaat. Oleh karena itu diperlukan sosialisasi mengenai pengelolaan sampah yang baik. Selain itu juga harus dibarengi dengan kepelatihan dan praktik secara langsung oleh praktisi untuk mengolah sampah menjadi <em>eco enzyme</em>. Pelaksanaan sosialisasi dan kepelatihan sampah organik menjadi <em>eco enzyme</em> dapat dilihat sebagai sebuah peluang dalam mengatasi permasalahan sampah organik yang berkelanjutan terhususnya disektor rumah tangga. Pengelolaan sampah ini tidak hanya membantu mengurangi permasalahan sampah namun juga dapat memberikan manfaat secara ekonomi kepada masyarakat yang diberdayakan.</p>2024-05-31T00:00:00+00:00##submission.copyrightStatement##http://ejournal.fkip.unsri.ac.id/index.php/jsce/article/view/1036PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN BERBASIS PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA MENGGUNAKAN KONTEKS WISATA KOTA PALEMBANG2024-07-11T07:18:25+00:00Duano Sapta Nusantaraduanosaptanusantara@fkip.unsri.ac.idZulkardi Dr. Zulkardizulkardi@unsri.ac.idRatu Ilma Indra Putri, Prof.ratuilma@unsri.ac.id<p><em>Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) telah menjadi pendekatan yang mampu meningkatkan efektivitas pembelajaran matematika di Indonesia sejak dua decade terakhir. Artikel bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan pengabdian kepada Masyarakat (PKM) yang mengintegrasikan PMRI dengan konteks wisata Kota Palembang dalam pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar. Melalui metode pendampingan, guru-guru matematika SD di Kota Palembang diajak untuk mengeksplorasi potensi wisata di Kota Palembang yang dapat dijadikan konteks dalam pembelajaran matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru mampu menghasilkan bahan ajar menggunakan konteks Wisata Kota Palembang. Implikasi praktisnya adalah adalah guru-guru matematika mampu meningkatkan kualitas pembelajaran matematika dengan lebih menarik dan relevan bagi siswa mereka dengan PMRI melalui partisipasi aktif mereka dalam kegiatan PKM.</em></p>2024-05-31T00:00:00+00:00##submission.copyrightStatement##http://ejournal.fkip.unsri.ac.id/index.php/jsce/article/view/1074PEMBERDAYAAN PEREMPUAN USIA SUBUR MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN MPASI GIZI SEIMBANG UNTUK KEWASPADAAN STUNTING PADA ANAK DI DESA PERANGAI KABUPATEN LAHAT2024-07-11T07:18:01+00:00Rina Rahayu Siregarrinarahayusiregar@fkip.unsri.ac.id<p><em>Telah dilaksanakan pelatihan pembuatan MPASI gizi seimbang untuk kewaspadaan stunting pada anak di desa perangai kabupaten lahat dengan pemberdayaan perempuan usia subur. Tujuan evaluasi dalam pelatihan ini adalah untuk melihat peningkatan pengetahuan dan pemahaman peserta terkait materi yang disampaikan khususnya pemberdayaan Perempuan Usia Subur (PUS) dalam pemberian MPASI gizi seimbang dalam waspada stunting pada anak. Kegiatan pelatihan ini dilakukan dengan teknik : ceramah, diskusi, tanya jawab, praktik dan penugasan. Pelatihan dilakukan secara langsung dengan menyampaikan materi kepada peserta yang merupakan masyarakat Perempuan Usia Subur (PUS) di Desa Perangai Kabupaten Lahat.Peserta kegiatan ini berjumlah 37 orang. Materi pelatihan yang disajikan secara umum sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Dari pembahasan berbagai materi dasar, kemudian diadakan evaluasi secara bertahap, yakni di awal kegiatan (pre-test), selama proses kegiatan (evaluative process), dan di akhir kegiatan (post-test). Dari jumlah peserta menunjukkan bahwa pemahaman awal stunting sebesar 86,21%, kemudian 68,97% peserta memahami dalam pencegahan stunting serta sebesar 75,86% peserta telah memiliki kemampuan dalam upaya pencegahan stunting. Kesimpulan yang dapat diambil bahwa peserta pelatihan mengalami peningkatan pemahaman dan pengetahuan tentang pembuatan MPASI gizi seimbang untuk kewaspadaan stunting pada anak.</em></p>2024-05-31T00:00:00+00:00##submission.copyrightStatement##http://ejournal.fkip.unsri.ac.id/index.php/jsce/article/view/1210Pelatihan Penggunaan Alat Praktikum Mekanika, Panas dan Optik bagi Guru-Guru IPA MGMP Kabupaten Ogan Ilir Sumatera Selatan2024-07-11T07:17:35+00:00Murniati Murniatimurniati_mukhtar@yahoo.co.idHamdi Akhsanhamdi_akhsan@fkip.unsri.ac.idAbidin Pasaribuhamdi_akhsan@fkip.unsri.ac.idSudirman Sudirmanhamdi_akhsan@fkip.unsri.ac.idMelly Ariskamellyariska@fkip.unsri.ac.id<p>Proses pembelajaran fisika di kelas secara real dengan kegiatan penyadaran atau penguasaan materi fisika pada peserta didik melalui interaksi pengajaran atau proses belajar mengajar Sutarto dalam Setiawan, 2012. Pembelajaran fisika menggunakan alat praktikum sangat tepat digunakan dan sangat membantu guru dan siswa untuk menemukan konsep secara real melalui pengamatan dan pengukuran. Konsep-konsep fisika yang diajarkan di SMP pada umumnya sudah tersedia alat praktikum dalam Kotak Instrumen Terpadu (KIT). Kenyataan yang ada, penggunaan alat praktikum yang sudah tersedia berupa KIT di sekolah belum membudaya, dalam arti tidak semua guru IPA Fisika menggunakan alat praktikum dalam mengajar. Hal ini disebabkan belum timbul kesadaran akan pentingnya penggunaan alat praktikum serta pengaruhnya dalam kegiatan proses belajar mengajar. Target luaran yang dicapai adalah sebagai berikut: Meningkatkan keterampilan guru MGMP IPA Kabupaten Ogan Ilir untuk memanfaatkan alat praktikum dalam proses pembelajaran fisika; Tim pelaksana pengabdian dan guru yang mengikuti pelatihan akan mendapatkan sertifikat kegiatan yang dikeluarkan oleh FKIP Unsri; Hasil pelaksanaan pengabdian berupa LKPD praktikum pada pembelajaran fisika materi mekanika, panas dan optik</p>2024-05-31T00:00:00+00:00##submission.copyrightStatement##http://ejournal.fkip.unsri.ac.id/index.php/jsce/article/view/1225PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS COMPUTATIONAL THINKING UNTUK PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BAGI GURU-GURU MGMP SMA KABUPATEN MUSI BANYUASIN2024-07-11T07:17:07+00:00Hapizah Hapizahhapizah@fkip.unsri.ac.idBudi Mulyonobudi_mulyono@fkip.unsri.ac.idNyimas Aisyahnyimas.aisyah@fkip.unsri.ac.idWeni Dwi Pratiwiwenidwipratiwi@fkip.unsri.ac.idYovika Sukmayovikasukma@fkip.unsri.ac.idM. Hasbi Ramadhanmhasbiramadhan@fkip.unsri.ac.id<p><em>Kegiatan mendampingi pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis computational thinking dalam pembelajaran berdiferensiasi adalah bentuk pengabdian kepada masyarakat, dengan tujuan meningkatkan kualitas profesionalisme guru matematika di tingkat SMA Kabupaten Musi Banyuasin. Proses kegiatan pengabdian ini mencakup persiapan, pendampingan, implementasi, dan tindak lanjut. Kegiatan dilakukan secara langsung di SMP Negeri 6 Sekayu, diikuti oleh diskusi melalui grup Whatsapp, dan akhirnya melalui pertemuan online menggunakan Zoom. Sebagai bagian dari evaluasi, kuesioner disebarluaskan, dan hasilnya menunjukkan bahwa guru-guru memberikan penilaian rata-rata sebesar 88,65%, menunjukkan kepuasan yang tinggi terhadap kegiatan pengabdian ini. Hasil pendampingan menyimpulkan bahwa secara keseluruhan, guru-guru matematika di SMA Kabupaten Musi Banyuasin telah berhasil menyusun LKPD berbasis computational thinking untuk pembelajaran berdiferensiasi, meskipun masih memerlukan pelatihan dan peningkatan lebih lanjut.</em></p> <h3><strong>Kata kunci</strong>: <em> lembar kerja peserta didik, computational thinking, pembelajaran berdiferensiasi</em></h3>2024-05-31T00:00:00+00:00##submission.copyrightStatement##http://ejournal.fkip.unsri.ac.id/index.php/jsce/article/view/1271Pendampingan Belajar Dan Penyuluhan Dampak Positif-Negatif Teknologi Di Desa Sumbersuko2024-07-11T07:15:27+00:00Mamik Dina Alfa Sanahmamik@gmail.comSiti Napfiahsitinafiah@gmail.comEra Dewi Kartikaerfolgera@gmail.com<p><em>Desa Sumbersuko adalah desa dengan jumlah populasi sebanyak 7000 jiwa dengan jumlah anak-anak yang cukup banyak berbanding dengan akses pendidikan yang terbatas bagi anak SD di sumbersuko, sehingga membuat anak-anak tidak dapat memeperoleh pembelajaran secara maksimal. Selain itu, dampak dari kemajuan teknologi saat ini kegiatan anak-anak mulai dari usia PAUD hingga Usia SMA tidak pernah terlepas dari “Setan Kotak” atau Gadget, kemanapun perginya gadget selalu di bawa. Yaa untuk gadget sendiri banyak sekali dampak positif dan negatif nya, apabila anak bisa menggunakan secara sewajarnya contohnya di gunakan untuk belajar,mencari materi-materi pelajaran mungkin akan berdampak positif bagi anak.Namun banyak sekali dari anak-anak tersebut yang masih menyalah gunakan akan kegunaan gadget seperti di gunakan untuk game online yang berlebihan dan aplikasi-aplikasi lain yang membuat anak menjadi malas belajar dan tidak bisa konsentrasi dalam belajarnya, sehingga membuat orang tua semakin khawatir akan pendidikan mereka. Oleh karna itu, sangat penting untuk meningkatan kemajuan pendidikan melalui bimbingan belajar dan penyuluhan dampak positif dan negatif teknologi sebagai hal dasar dan penting di lakukan. Kegiatan yang dilaksanakan ini tentu memberi dampak perubahan bagi desa tersebut dimana hasil yang diperoleh terdapat peningkatkan kemajuan pendidikan melalui bimbingan belajar, dan adanya peningkatan pemahaman teknologi serta pemahaman dampak positif dan negatif teknologi.</em> <em>Hasil pengabdian masyarakat ini yaitu menekankan pada peningkatan pengetahuan, pemahaman, dan kesadaran akan kemajuan teknologi dan dampak yang di hasilkan.</em></p>2024-05-31T00:00:00+00:00##submission.copyrightStatement##