Improving mobility learning outcomes through group work methods on students
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar meroda pada siswa kelas V SDN Karanggondang Kecamatan Karanganyar Kabupaten Pekalongan tahun pelajaran 2016/2017 melalui metode kerja kelompok dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, Dari hasil penilaian tersebut, terdapat peningkatan yang signifikan dari kondisi siklus I ke siklus II. Hasil belajar meroda yang diperoleh dari siklus I adalah sebanyak 11 siswa atau 68,75% mencapai ketuntasan sedangkan 5 siswa atau 31,25% belum mencapai ketuntasan. Dan pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 14 siswa atau 87,50% mencapai ketuntasan sedangkan 2 siswa atau 12,50% belum mencapai ketuntasan. Sehingga peningkatan dari siklus I hingga siklus II sebesar 31,25% atau 4 siswa dari jumlah keseluruhan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa melalui metode kerja kelompok dapat meningkatkan hasil belajar meroda pada siswa kelas V SDN Karanggondang Kecamatan Karanganyar Kabupaten Pekalongan tahun pelajaran 2019/2020.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Hitchcock, S., Carr, L., & Hall, W. (1996). A Survey of STM Online Journals, 1990-1995: The Calm before the Storm, (Online), (http://journal.ecs.soton.ac.uk/survey/survey.html), diakses 12 Juni 1996
Marsi’an.Aminarni. 2017. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan untuk SD/MI Kelas V. Jakarta: Erlangga
Prahmana, R.C.I. (2013). Designing Division Operation Learning in The Physical of Gasing. Proceeding in The First South East Asia Design/Development Research (SEA-DR) Conference 2013, 391-398. Palembang: Sriwijaya University.
Rahman, 2014. Upaya Meningkatkan Keterampilan Gerak Meroda dengan Menggunakan Model Pembelajaran Bantuan Guru. Lampung : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung
Russel, T. (1998). An Alternative Conception: Representing Representation. In P.J. Black & A. Lucas (Eds.), Children’s Informal Ideas in Science, 62-84. London: Routledge.
Stacey, K. (2010). The view of physical education literacy in Indonesia. Journal on Physical Education, 2(2), 1-24. http://doi.org/Jv501.54545
Sujana, Nana. 2010. Dasar-dasar Proses Belajar. Bandung : Sinar Baru Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran, Jakarta : Kencana Prenada Media Group
Zulkardi. (2002). Developing A Learning Environment on Realistic Physical Education for Indonesian Student Teachers. Published Dissertation. Enschede: University of Twente.