Improving learning outcomes of straight punch in pencak silat through the use of learning aids

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Widiyantoro Widiyantoro

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar pukulan lulus dalam pencak silat melalui penggunaan media alat bantu pembelajaran pada siswa kelas V SDN 1 Tengger Semester gasal tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian siswa kelas V SDN 1 Tengger semester gasal Tahun Pelajaran 2019/2020 berjumlah 31 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Pengumpulan data dengan tes pukulan lurus pencak silat dan observasi aktifitas pesertadidik dan guru selama kegiatan belajar mengajar pukulan lurus pencak silat dengan menggunakan alat bantu Pembelajaran. Avaliditas data dengan teknik triangulasi. Data dalam penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif adalah skor perolehan pukulan lurus pencak silat, data kualitatif terdiri dari: aktivitas guru, keaktifan siswa, aktifitas siswa, dan penggunaan alat bantu. Data kuantitatif dianalisis dengan T-testsedangkan data kualitatif dianalisis dengan analisis kritis. Pada penelitian ini menghasilkan suatu data peningkatan siswa dalam mempelajari pukulan lurus menggunakan media alat bantu pembelajaran. Ketercapaian ketuntasan hasilbelajar pukulan lurus pencak silat dari pra siklus ke siklus 1 sebesar 38.71%. Dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 12.91%. Peningkatan ketuntasan hasil belajar secara keseluruhan darikondisi awal ke siklus 2 sebesar 51.62%. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan: Penggunaan media alat bantupembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar pukulan lurus pencak silat pada siswakelas V SDN 1 Tengger Semester gasal Tahun Pelajaran 2019/2020.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Widiyantoro, W. (2021). Improving learning outcomes of straight punch in pencak silat through the use of learning aids. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan, 1(1), 306-313. Retrieved from http://ejournal.fkip.unsri.ac.id/index.php/semnaspenjas/article/view/215

References

Agus Kristiyanto, 2010. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Dalam Pendidikan Jasmani dan Kepelatihan Olahraga. Surakarta. UNS Press
Agus Margono, Agus Mukholid, Sapta Kunta Purnama & Budhi Satyawan. 2011.
Alibaba. 2009. http://abibaba7.blogspot.com/2009/04/teknik - dasar - pencak – silat - 2.html . 12 September 2012
Benny A. Pribadi. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: PT. Dian Rakyat. Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Pustaka Setia.
H.J. Gino, Suwarni, Suripto, Maryanto dan Sutijan. 1998. Belajar dan Pembelajaran II. Surakarta: UNS Press.
Harminingsih. 2011. http://labarasi.wordpress.com/2011/04/19/faktor-yang-mempengaruhi-
hasil-belajar/ 17 juli 2012
http://www.google.co.id/search?q=tendangan+depan+pencak+silat&hl
Husdarta & Yudha M. Saputra. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Depdiknas. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Bagian Proyek Penataran Guru SLTP Setara D-III.
Iman Widodo (2011) http://gebangtinatar.iman widodo com/tentang–penca -silat
Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Johansyah Lubis. 2004. Pencak Silat Panduan Praktis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.