Digitalisasi Media Pembelajaran PPKn melalui Pembelajaran Berbasis Multimedia di Era Revolusi Industri 4.0

  • Rini Setiyowati Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya
  • Sella Violeta Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya
  • Windy Ferdiyanti Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya
  • I Kadek Bella Santika Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya

Abstract

Abstrak

Memasuki era revolusi industri 4.0, fenomena digitalisasi pembelajaran semakin marak dikembangkan di dalam dunia pendidikan, baik dalam proses pembelajaran hingga media pembelajaran yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis digitalisasi media pembelajaran PPKn melalui pembelajaran berbasis multimedia di era revolusi industri 4.0. Metode penelitian ini ialah diskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan angkatan 2019 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya menunjukkan antusiasme dalam proses perkuliahan ketika menggunakan multimedia khususnya video pembelajaran. Hal ini dikarenakan terdapat berbagai desain yang unik dan menarik, audio yang jelas, serta pemaparan materi yang mudah dipahami melalui video pembelajaran. Multimedia mampu memberikan pengalaman belajar yang kaya dengan berbagai kreativitas. Multimedia dibentuk sebagai sarana atau tempat belajar, dengan mengadaptasi perkembangan teknologi dalam penerapannya. Berdasarkan hasil penelitian ini juga, dapat diketahui bahwa mahasiswa Pancasila dan Kewarganegaraan angkatan 2019 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya telah siap menjadi generasi digital di era revolusi industri 4.0. Adapun pembahasan dalam penelitian ini ialah 1) Digitalisasi media pembelajaran di era revolusi industri 4.0; 2) Video pembelajaran sebagai wujud digitalisasi media pembelajaran; 3) Pemanfaatan video pembelajaran dalam pembelajaran PPKn dan 4) Kesiapan Mahasiswa PPKn sebagai generasi digital.

 

Abstrak

Entering the era of the industrial revolution 4.0, the phenomenon of digitalization of learning is increasingly being developed in the world of education, both in the learning process to the learning media used. This study aims to analyze the digitalization of Civics learning media through multimedia-based learning in the era of the industrial revolution 4.0. This research method is descriptive with a qualitative approach. The results of this study indicate that the majority of students of the Pancasila and Civic Education Study Program class 2019 Faculty of Teacher Training and Education, Sriwijaya University show enthusiasm in the lecture process when using multimedia, especially learning videos. This is because there are various unique and interesting designs, clear audio, and easy-to-understand presentation of material through learning videos. Multimedia is able to provide a rich learning experience with a variety of creativity. Multimedia is formed as a means or place of learning, by adapting technological developments in its application. Based on the results of this study, it can be seen that the students of Pancasila and Civic class 2019 Faculty of Teacher Training and Education, Sriwijaya University are ready to become the digital generation in the era of the industrial revolution 4.0. The discussions in this study are 1) Digitalitation of learning media in the Fourth Industrial Revolution; 2) Learning videos as a form of digitalizing learning media; 3) Utilization of learning videos in Civics learning and 4) Readiness of Civics Students as a digital generation.

Published
2021-12-25