Penerapan Pembelajaran Berbasis TPACK Terhadap Peningkatan Karakter Rasa Ingin Tahu Peserta Didik di UPT SMK Negeri 1 Ogan Ilir
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran berbasis TPACK (Technological Pedadogical Content Knowledge) terhadap karakter rasa ingin tahu peserta didik di UPT SMK Negeri 1 Ogan Ilir. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI TKJ (Teknik Komputer Jaringan) 2 UPT SMK Negeri 1 Ogan Ilir. Penelitian Ini dilakukan menggunakan metode deskriptif, dengan teknik pengumpulan data observasi dan kuesioner, dengan teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan rasa ingin tahu peserta didik, hal ini dikarenakan setelah diterapkan pembelajaran berbasis TPACK (website, e-book dan video pembelajaran) dalam proses pembelajarannya karakter rasa ingin tahu peserta didik mengalami peningkatan pada pertemuan 1 karakter peserta didik mendapatkan hasil sebesar 15%, kemudian pada pertemuan 2 meningkat menjadi 50%, pada pertemuan 3 mengalami peningkatan kembali menjadi 50,9%, kemudian pada pertemuan 4 mengalami peningkatan yang signifikan sebesar 85%. Dengan demikian pembelajaran berbasis TPACK dapat meningkatkan rasa ingin tahu siswa.
Abstract
This study aims to determine the application of TPACK-based learning (Technological Pedagogical Content Knowledge) to the curiosity character of students at UPT SMK Negeri 1 Ogan Ilir. The subjects of this study were students of class XI TKJ (Computer Network Engineering) 2 UPT SMK Negeri 1 Ogan Ilir. This research was conducted using experimental methods, with observation and questionnaire data collection techniques, with quantitative descriptive data analysis techniques. The results of this study indicate a significant increase in student curiosity. This is because, after implementing TPACK-based learning (websites, e-books, and learning videos) in the character learning process, student curiosity increases at the first meeting of student characters. Get 15% results, then a second meeting, it increased to 50%, at meeting third it increased again to 50.9%, then at meeting fourth it increased significantly by 85%. Thus, TPACK-based learning can increase students' curiosity.