Nilai-Nilai Budaya Festival Pacu Sampan Leper Sebagai Sumber Pembelajaran IPS Berbasis Kearifan Lokal

  • Bunari Bunari Pendidikan Sejarah, Universitas Riau
  • Asyrul Fikri Pendidikan Sejarah, Universitas Riau
  • M Yogi Riantama Pendidikan Sejarah, Universitas Riau
  • Isjoni Isjoni Pendidikan Sejarah, Universitas Riau

Abstract

Abstrak

Sampan Leper merupakan alat transportasi masyarakat di Kabupaten Indragiri Hilir untuk menyeberangi Sungai terutama pada saatsungai surut. Kebiasaan masyarakat inilah yang kemudian dijadikan festival pacu sampan leper dengan tujuan melestarikan budaya.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai budaya tradisi pacu sampan leper sebagai sumber belajar IPS berbasiskearifan lokal. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian. Teknik pengumpulan data meliputi; wawancara, observasi dandokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi, presentasi, dan verifikasi Hasil penelitian yaitu sebagai sebuah tradisi budaya, pacu sampan leper sarat dengan nilai-nilai budaya. Nilai-nilai budaya ang terdapat dalam tradisi pacu sampan leper ini antara lain Nilai Religius, Nilai Sosial, Nilai etis, Nilai Estetis, Nilai Sportifitas. Nilai-nilai budaya tersebut dapat dijadikan sebagai sumber pembelajaran IPS berbasis kearifan lokal. Pembelajaran IPS yang dimaksud yaitu pada materi Pengaruh interaksi sosial terhadappembentukan lembaga sosial, budaya, ekonomi, pendidikan dan politik. Peserta didik akan mengaitkan kegiatan interaksi socialdalam masyarakat dengan nilai-nilai budaya yang terdapat pada tradisi pacu sampan leper. Misalnya, interaksi sosial antar umatberagama dikaitkan dengan Nilai Religius dengan penekanan pada aspek tolerasi antar pemeluk agama. Proses pembelajaran IPS tersebut mendekatkan peserta didik dengan lingkungan budaya disekitarnya dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

 

Abstract

The results of the study are that as a cultural tradition, the Pacu sampan leper is full of cultural values. Cultural values contained in the Pacu sampan leper tradition include Religious Values, Social Values, Ethical Values, Aesthetic Values, and Sportsmanship Values. These cultural values can be usedas a source of social studies learning based on local wisdom. Social studies learning in question is in the matter of the effect of social interaction on the formation of social, cultural, economic, educational and political institutions. Students will associate social interaction activities in society with the cultural values found in the Pacu Sampan Leper tradition. For example, social interaction between religious communities is associated with Religious Values with an emphasis on aspects of tolerance between religious adherents. The social studies learning process brings students closer to thesurrounding cultural environment and can be applied in everyday life

Published
2021-12-27