Aktualisasi Nilai-nilai Bela Negara pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Perguruan Tinggi pada Masa Pandemi Covid-19 dan Era Kenormalan Baru

  • Asep Mahpudz Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Tadulako
  • Shofia Nurun Alanur S Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Tadulako
  • Taufiq Eka Riandana Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Tadulako
  • Dahlia Syuaib Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Tadulako

Abstract

Abstrak

Tulisan ini bertujuan untuk mengaktualisasikan nilai-nilai belanegara pada proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi di masa pandemi Covid-19 dan era kenormalan baru. Penelitian ini menerapkan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner secara random melalui google form kepada mahasiswa Universitas Tadulako angkatan di beberapa program studi, jurusan dan fakultas yang pernah kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Analisis data dilakukan dengan persentase dan deskrptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa; Mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi merupakan salah satu mata kuliah wajib di Perguruan Tinggi sebagai upaya pengembangan kepribadian mahasiswa sebagai warga Negara. (1) Nilai-nilai belanegara yang tertuang dalam aturan normatif di Indonesia menjadi rujukan utama sebagai bahan materi yang dapat dikembangkan sebagai aktualisasi materi pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. (2) Proses aktualisasi nilai-nilai belanegara di Indonesia kepada mahasiswa sebagai warganegara muda merupakan upaya internalisasi dan wujud implementasi nilai-nilai dasar Pancasila. (3) Proses pembinaan belanegara di perguruan tinggi sebagai langkah strategis menyiapkan mahasiswa sebagai warganegara muda di era kenormalan baru.

 

 

Abstract

This paper aims to actualize the values of state defense in the learning process of Civic Education in Higher Education during the Covid-19 pandemic and the new normal era. The Civic Education course in Higher Education is one of the mandatory courses in Higher Education as an effort to develop the personality of students as citizens. This study applies a qualitative descriptive research approach. Data collection techniques by distributing questionnaires randomly via google form to students of Tadulako University batches in several study programs, departments and faculties who have studied Civic Education. Data analysis was done by percentage and descriptive. The results showed that; (1) The values of state defense as contained in the normative rules in Indonesia become the main reference as materials that can be developed as the actualization of Civic Education learning materials in Higher Education. (2) The process of actualizing the values of state defense in Indonesia to students as young citizens is an internalization effort and a manifestation of the implementation of the basic values of Pancasila. (3) The process of developing state defense in universities as a strategic step to prepare students as young citizens in the new normal era.

Published
2021-12-27