ANALISIS SOSIOLOGI SASTRA DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL LAUT BERCERITA KARYA LEILA S. CHUDORI
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan fakta sosial, peristiwa sosial, perilaku sosial, serta nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam novel Laut Berceritakarya Leila S. Chudori. P. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode content analysis. Metode ini digunakan untuk membuat inferensi yang valid dari sebuah dokumen yaitu dengan mengidentifikasi data, mengklasifikasi data, analisis datadan kontribusi hasil penelitian. Dokumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah novel Laut Berceritakarya leila S. Chudori.Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan dalam novel Laut Bercerita menguak fakta sosial dan peristiwa sosial yang terjadi pada tahun 1998 terkait pelanggaran HAM, serta perilaku sosial masyarakat Indonesia khususnya mahasiswa terhadap pemerintah Orde Baru.Selain itu, terdapat sepuluh nilai pendidikan karakter positif yang terdapat dalam novel Laut Bercerita. Hasil penelitian menunjukkan adanya potret kondisi sosial budaya pada era Orde Baru yang tergambar dari novel Laut Bercerita melalui sosiologi pengarang, sosiologi karya, dan sosiologi pembaca, serta nilai-nilai pendidikan karakter yang relevan dengan kondisi masyarakat saat ini.