PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENGUATAN NUMERASI DAN NORMA SOSIAL PADA PEMBELAJARAN DAN PENILAIAN BAGI GURU SD UJICOBA FKIP UNSRI

  • Elika Kurniadi Universitas Sriwijaya
  • Ratu Ilma Indra Putri
  • Zulkardi Zulkardi
Keywords: Numerasi, Norma Sosial, Guru SD Ujicoba FKIP Unsri

Abstract

Numerasi dapat diartikan kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan dunia.. Dalam interaksi sebagai individu, norma sosial mengontrol interaksi sosial yang lebih umum, yang mungkin tidak berhubungan dengan topik pelajaran. Sedangkan norma sosio-matematis terkait dengan argumentasi matematis yang terjadi dalam interaksi. Model kegiatan yang akan dilakukan adalah penyuluhan, pelatihan dan pendampingan tentang penguatan numerasi pada pembelajaran dan penilaian mata pelajaran matematika dan non matematika yang dilaksanakan secara berkolaborasi pada komunitas belajar MGMP Kota Palembang. Melalui presentasi, pelatihan, dan pendampingan pada saat mendesain perangkat pembelajaran mulai dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Aktivitas peserta didik, media pembelajaran dan penilaian sesuai dengan kurikulum yang menekankan ‘Merdeka Belajar’ dan pendekatan PMRI. Kegiatan diikuti oleh 8 Dosen PGSD FKIP Unsri dan 18 Guru SD Ujicoba FKIP Unsri. Kegiatan pengabdian ini mendapat respon kepuasan dari peserta dengan rata-rata sebesar 97.817% memberikan respon sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan pendampingan ini memiliki manfaat untuk mensosialisasikan penguatan numerasi dan norma sosial pada pembelajaran dan penilaian bagi guru SD ujicoba FKIP Unsri.

Published
2023-12-09
How to Cite
Kurniadi, E., Putri, R., & Zulkardi, Z. (2023). PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENGUATAN NUMERASI DAN NORMA SOSIAL PADA PEMBELAJARAN DAN PENILAIAN BAGI GURU SD UJICOBA FKIP UNSRI. JOURNAL OF SRIWIJAYA COMMUNITY SERVICE ON EDUCATION (JSCSE), 2(2), 61-70. https://doi.org/https://doi.org/10.36706/jscse.v2i2.1012