PENGEMBANGAN SOAL PENALARAN LITERASI BERBASIS PENILAIAN KOMPETENSI MINIMUM DAN SESUAI STANDAR PISA

  • Zahra Alwi
  • Zulkardi Zulkardi Universitas Sriwijaya
  • Ratu Ilma Indra Putri Universitas Sriwijaya
  • Lind Puspita Universitas Sriwijaya
Keywords: soal penalaran literasi, penilaian kompetensi minimum, PISA, kumpulan soal bentuk cetak dan website.

Abstract

Pertanyaan mendasar yang perlu dijawab adalah, “Bagaimanakah bentuk soal penalaran literasi yang akan digunakan sebagai pengganti soal ujian nasional?” Pertanyaan ini perlu segera dijawab mengingat dalam waktu dekat ujian nasional akan dihapus sesuai kebijakan  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan bahwa tahun 2020 merupakan tahun terakhir dilakukan ujian nasional. Tujuannya adalah mengembangkan soal penalaran literasi berbasis penilaian kompetensi minimum (PKM) dan selaras dengan program PISA. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan Borg and Gall, Zulkardi, dan Tessmer. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa SMP serta orang tua siswa. Pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi, wawancara, angket, observasi, dan tes. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasilnya menunjukkan: 1) guru, peserta didik, dan orang tuanya tidak memahami kebijakan tentang PKM, mereka masih bingung, tetapi mereka mendukung kebijakan tersebut. 2) responden menyatakan perlu dikembangkan pertanyaan literasi berbasis PKM yang sejalan dengan PISA (75% responden menjawab sangat setuju), 3) hasil uji one-to-one dan hasil uji small grup, termasuk kategori sangat  baik (83,3 dan 76), 4) setelah dilakukan revisi, dilanjutkan uji lapangan,  menunjukkan bahwa soal-soal yang dihasilkan juga tergolong sangat baik. Kumpulan soal yang dihasilkan dibuat dalam bentuk cetak dan website, yang dapat digunakan guru dan peserta didik di lapangan.

Published
2021-12-06