PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN BERBASIS PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA MENGGUNAKAN KONTEKS WISATA KOTA PALEMBANG
Abstract
Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) telah menjadi pendekatan yang mampu meningkatkan efektivitas pembelajaran matematika di Indonesia sejak dua decade terakhir. Artikel bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan pengabdian kepada Masyarakat (PKM) yang mengintegrasikan PMRI dengan konteks wisata Kota Palembang dalam pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar. Melalui metode pendampingan, guru-guru matematika SD di Kota Palembang diajak untuk mengeksplorasi potensi wisata di Kota Palembang yang dapat dijadikan konteks dalam pembelajaran matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru mampu menghasilkan bahan ajar menggunakan konteks Wisata Kota Palembang. Implikasi praktisnya adalah adalah guru-guru matematika mampu meningkatkan kualitas pembelajaran matematika dengan lebih menarik dan relevan bagi siswa mereka dengan PMRI melalui partisipasi aktif mereka dalam kegiatan PKM.