Pelatihan Penggunaan Alat Praktikum Mekanika, Panas dan Optik bagi Guru-Guru IPA MGMP Kabupaten Ogan Ilir Sumatera Selatan
Abstract
Proses pembelajaran fisika di kelas secara real dengan kegiatan penyadaran atau penguasaan materi fisika pada peserta didik melalui interaksi pengajaran atau proses belajar mengajar Sutarto dalam Setiawan, 2012. Pembelajaran fisika menggunakan alat praktikum sangat tepat digunakan dan sangat membantu guru dan siswa untuk menemukan konsep secara real melalui pengamatan dan pengukuran. Konsep-konsep fisika yang diajarkan di SMP pada umumnya sudah tersedia alat praktikum dalam Kotak Instrumen Terpadu (KIT). Kenyataan yang ada, penggunaan alat praktikum yang sudah tersedia berupa KIT di sekolah belum membudaya, dalam arti tidak semua guru IPA Fisika menggunakan alat praktikum dalam mengajar. Hal ini disebabkan belum timbul kesadaran akan pentingnya penggunaan alat praktikum serta pengaruhnya dalam kegiatan proses belajar mengajar. Target luaran yang dicapai adalah sebagai berikut: Meningkatkan keterampilan guru MGMP IPA Kabupaten Ogan Ilir untuk memanfaatkan alat praktikum dalam proses pembelajaran fisika; Tim pelaksana pengabdian dan guru yang mengikuti pelatihan akan mendapatkan sertifikat kegiatan yang dikeluarkan oleh FKIP Unsri; Hasil pelaksanaan pengabdian berupa LKPD praktikum pada pembelajaran fisika materi mekanika, panas dan optik