PENDAMPINGAN PEMBUATAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS TPACK BAGI GURU SMPN 6 TALANG KELAPA KABUPATEN BANYUASIN
Abstract
Pembelajaran abad 21 identik dengan kecapakan digital yang harus diinetgrasikan dalam pembelajaran. Tujuan pengabdian ini ialah memberikan pendampingan pembuatan perangkat pembelajaran berbasis TPACK bagi guru SMPN 6 Talang Kelapa kabupaten Banyuasin. Metode pengabdian ini ialah pendampingan yang diawali dari analisa permasalahan. Sedangkan implementasinya dilaksanakan dengan cara tatap muka. Yang menjadi sasaran kegiatan pelatihan ini adalah guru-guru SMPN 6 Talang Kelapa terdiri atas 23 guru. Hasil pengabdian diperoleh terdapat peningkatan pemahaman peserta pada materi perangkat pembelajaran berbasis TPACK. Bisa diketahui dalam tabel jika nilai rata-rata dalam pre test yaitu 45.8 serta post test 88.4 mempunyai selisih senilai 42.60. Dapat disimpulkan bahwa dari 23 guru yang mengikuti kegiatan telah mendapatkan peningkatan mengenai materi perangkat pembelajaran berbasis TPACK. Penilaian produk yang telah disusun oleh peserta pengabdian dilakukan pada tanggal 18 Agustus- 30 September 2022.. Ada beberapa produk dikumpul mulai dari LKPD, RPP dan Media materi dan Media Evaluasi.P enilaian didasarkan pada 5 indikator, yaitu: 1) kontribusi anggota kelompok; 2) kelengkapan perangkat yang dibuat; 3) Ketepatan isi dengan tujuan pembelajaran; 4) Tampilan (layout) animasi, warna, gambar dan teks; 5) ketepatan waktu Pengumpulan. Dihitung berdasarkan rata-rata persentase skor maka persentase kemampuan peserta pengabdian dalam pembuatan media pembelajaran berbasis TIK adalah sebesar 84%. Dengan kategori sangat baik.