Pengembangan LKPD Berbasis Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Materi Persamaan Garis Lurus Di Kelas VIII
Abstract
Tujuan diadakannya penelitian ini agar dapat mengembangkan LKPD berbasis GLS yang praktis, valid serta mampu membantu siswa meningkatkan hasil belajar. LKPD ini menggunakan bacaan harga produk berbasis Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yang memenuhi kategori sangat baik yang dilaksanakan di SMPN 15 Palembang. Model ADDIE dipilih dalam pengembangan ini yang dikombinasikan pada evaluasi formatif Tessmer. Pada penelitian ini terdapat beberapa tahap, diantaranya tahap analisa, tahap perancangan, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. Subjek yang digunakan adalah siswa kelas VIII.2 SMPN 15 Palembang yang berjumlah 33 orang. Dalam mengembangkan LKPD, penelitian ini melibatkan beberapa ahli sebagai validator. Para ahli menguji beberapa aspek Kevalidan konten, konstruk dan bahasa yang memiliki rata-rata skor dengan kategori sangat baik. Kepraktisan pada LKPD ini terlihat pada saat peserta didik mampu mengerjakan LKPD dengan waktu yang telah ditentukan. Keefektifan LKPD dapat dilihat dari hasil belajar yang dujicobakan dengan menggunakan LKPD. Dilihat dari hasil field test, diperoleh 70% dari peserta didik memiliki nilai yang sesuai apa yang diinginkan serta hasil belajar peserta didik terdapat peningkatan setelah menggunakan LKPD yang telah dikembangkan.