Persepsi siswa kelas IX SMP Negeri 4 Palembang dalam memahami buku teks matematika
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi siswa dalam memahami buku teks matematika.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 4 Palembang yang berjumlah 10 orang. Teknik yang digunakan adalah wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan tahapan membaca buku matematika siswa memiliki urutan yang berbeda yaitu 40% membaca buku teks dengan urutan membaca definisi kemudian mempelajari contoh soal lalu mengerjakan latihan soal. Sedangkan 60% hanya membaca definisi dan mempelajari contoh soal saja. Dalam persepsi siswa paham dengan isi buku matematika dari 10 subjek, 30% merasa paham buku teks matematika ketika mengerti contoh soal dan dapat mengerjakan latihan soalkarena menganggap contoh soal dapat mengantarkan untuk dapat menyelesaikan soal latihan sehingga keduanya berkaitan, 60% merasa paham buku teks matematika ketika dapat mengerjakan latihan dan 10% ketika mengerti definisi.