Memahami kemampuan pembuktian dan penalaran matematika pada siswa SD Indriasana Palembang

  • H E L Tobing Universitas Sriwijaya
  • D A Oktafiana Universitas Sriwijaya
Keywords: pembuktian matematika, penalaran matematika

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tahapan belajar siswa SD (Sekolah Dasar) Indriasana Palembang kelas VI dalam tahapan memahami materi pelajaran matematika sehingga dapat menyelesaikan soal - soal matematika dan bagaimana pendapat siswa dalam memaknai kata paham dalam belajar terutama pelajaran matematika. Penelitian ini dilakukan di SD Indriasana Palembang terhadap siswa kelas VI dengan subjek penelitian terdiri atas 10 orang siswa. Teknik pengumpulan data dengan wawancara. Hasil yang diperoleh dari penelitian adalah 60% siswa yang diteliti belajar memahami materi matematika dengan terlebih dahulu melalui tahapan membaca konsep secara jelas dan benar, 40% siswa cenderung membaca contoh soal, sedangkan untuk arti paham terdapat 70% siswa mengartikan paham adalah dapat mengerjakan soal latihan yang ada dengan benar, dan 20% siswa mengartikan paham adalah mengerti definisi atau aturan yang ada di dalam buku teks matematika, sebaiknya agar siswa menjadi mampu mengerjakan soal – soal matematika siswa lebih diberikan pemahaman terlebih dahulu akan konsep atau aturan yang ada, karena tahapan berpikir siswa akan terbentuk dari level sederhana hingga level kompleks, dengan mengaitkan setiap konsep yang diterima di dalam buku teks matematika.

Published
2021-06-01