Soal pola bilangan untuk mengukur kemampuan representasi
Abstract
Penelitian ini adalah design research yang bertujuan untuk menjelaskan tentang soal berpikir matematis yang dapat digunakan untuk mengukur aspek representasi pada pola bilangan. Subjek penelitian ini adalah tiga siswa kelas VIII. Proses penelitian ini terdiri dari lima tahap yaitu desain awal, diskusi grup terfokus, uji coba dan wawancara, serta analisis retrospektif. Teknik analisis data adalah teknik kualitatif. Hasil dari penelitian ini untuk soal nomor 1, semua siswa menjawab dengan benar, siswa 1 dan 3 menunjukkan kemunculan dari semua indikator, sedangkan siswa 2 hanya tidak menunjukkan visual representation. Untuk soal nomor 2, semua siswa menjawab dengan benar, siswa 1 dan 3 menunjukkan kemunculan dari semua indikator, sedangkan siswa 2 hanya tidak menunjukkan visual representation.. Untuk soal nomor 3, semua siswa menjawab dengan benar, siswa 1, 2, dan 3 menunjukkan kemunculan dari semua indiaktor yaitu visual representation, numeric representation, symbolic representation dan algebraic representation.