Hubungan antara persepsi dengan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Indralaya Utara
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi dengan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X SMA N 2 Indralaya Utara. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan teknik analisis data menggunakan korelasi product moment dari Kalr Person. Populasinya adalah siswa kelas X IPA SMA Negeri 2 Indralaya Utara yang berjumlah 33 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah sampel jenuh. Hasil analisis data berdasarkan perolehan koefisien rxy sebesar 0,625 > rtabel sebesar 0,344 menunjukkan terdapat korelasi positif antara persepsi dengan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Indralaya Utara. Sumbangsi efektif korelasi dalam penelitian ini sebesar 39,1%, artinya kemampuan pemecahan masalah siswa ditentukan oleh persepsi siswa tersebut.