Tahapan dan persepsi siswa paham dalam membaca buku matematika kelas XII SMK Muhammdiyah 1 Palembang

  • E Marlinda Universitas Sriwijaya
  • Yantini Yantini Universitas Sriwijaya
Keywords: Tahap membaca buku matematika, Persepsi paham matematika

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui tahapan siswa dalam membaca buku matematika dan persepsi paham matematika di kelas XII SMK Muhammadiyah 1 Palembang. Jenis penelitian dalam artikel ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas XII Teknik Komputer dan Jaringan SMK Muhammadiyah 1 Palembang yang berjumlah 10 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif. Setelah dilakukan penelitian, diperoleh hasil tahapan membaca buku matematika yaitu sebesar 90% urutan siswa membaca buku dari definisi, contoh soal kemudian mengerjakan latihan soal dan 10% memulainya dari mengerjakan soal, memahami contoh dan membaca definisi. Selanjutnya untuk persepsi paham matematika sebanyak 50% siswa dapat mengerjakan soal latihan. Kemudian 30% siswa mengerti contoh soal dan 20% siswa memahami definisi.

Published
2021-06-02