Pengaruh media pembelajaran berbantuan komputer terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP

  • M Safitri Universitas Sjakhyakirti
  • T Gustiningsi Universitas Sjakhyakirti
  • L Amalia Universitas Sjakhyakirti
Keywords: media pembelajaran, komputer, matematika, pemahaman konsep

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh media pembelajaran berbantuan computer terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP. Minimnya ketersediaan media pembelajaran berbantuan computer dan kurangnya kemampuan guru matematika membuat media pembelajaran berbantuan computer menjadi salah satu alasan dipilihnya penelitian ini. Pemahaman konsep matematis sendiri menjadi komponen penting bagi keberhasilan siswa dalam memecahkan persoalan matematis. Setelah menelaah berbagai referensi yang tersedia maka peneliti menyimpulkan hipotesa bahwa media pembelajaran berbantuan computer mampu melatih pemahaman konsep matematis siswa dengan demikian diharapkan penelitian ini dapat mendukung hipotesa tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen yaitu kuasi-eksperimen. Subyek penelitian ini adalah siswa Kelas VII.1 SMP N 20 Palembang sebagai kelas eksperimen yang akan diajarkan dengan menggunakan media pembelajaran berbantuan komputer dan kelas VII.6 SMP N 20 Palembang sebagai kelas kontrol yang akan diajarkan dengan pembelajaran konvensional tanpa menggunakan media pembelajaran berbantuan komputer. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara media pembelajaran berbantuan computer terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP kelas VII.

Published
2021-06-02