Pembelajaran Matematika Materi Konjungsi, Disjungsi, Implikasi Dan Biimplikasi Menggunakan Media PILOGMA

  • I Widyaningrum STKIP Muhammadiyah Pagaralam
  • Widiawati Widiawati STKIP Muhammadiyah Pagaralam
Keywords: Konjungsi, disjungsi, implikasi, biimplikasi, Media PILOGMA

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk melihat hasil belajar siswa pada materi konjungsi, disjungsi, implikasi dan biimplikasi menggunakan media PILOGMA. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan kategori one group pretest postest design yang melibatkan 32 orang siswa kelas X SMA Muhammadiyah Pagaralam. Berdasarkan hasil penelitian terlihat siswa begitu antusias dalam proses pembelajaran materi konjungsi, disjungsi, implikasi dan biimplikasi menggunakan media PILOGMA, Siswa saling bekerjasama antar anggota kelompok dalam menyelesaikan setiap aktivitas, sehingga siswa bisa menemukan sendiri konsep materi yang mereka pelajari. Dilihat dari hasil pretest dan posttest terlihat perbedaan yang cukup sigknifikan, dimana rata – rata nilai postest yang diperoleh siswa lebih tinggi dari rata-rata nilai pretest. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikatakan media PILOGMA dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika materi konjungsi, disjungsi, implikasi dan biimplikasi.

Published
2021-06-02