Analisis Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal HOTS Matematika

  • Yastri Nopalia Universitas Sriwijaya
  • Somakim Somakim Universitas Sriwijaya
Keywords: Berpikir tingkat tinggi (HOTS), Matematika

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis bagaimana kemampuan siswa menyelesaikan soal dalam bentuk soal HOTS. Penelitian ini mencakup kedalam penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun subjek pada penelitian ini yaitu siswa SMA yang berada di OKU dengan kategori kemampuan yang berbeda-beda. Teknik dalam penelitian ini yaitu dokumentasi dan tes. Berdasarkan hasil analisis fieldtes ada 5 siswa memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi kategori sangat baik, 7 siswa memiliki kategori kemampuan berpikir tingkat tinggi baik, 15 siswa dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi cukup, dan 6 siswa dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi kategori rendah.

Published
2021-06-02