Penerapan Discovery Learning sebagai PenTas (Pembelajaran Tuntas):Upaya Mengembangkan Keterampilan Komunikasi Matematis Siswa dalam Pemecahan Masalah

  • Rahmat Fauzi Universitas Sriwijaya
Keywords: Discovery Learning, Pembelajaran Tuntas, Komunikasi Matematis, Pemecahan Masalah

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran penting discovery learning dalam pemecahan masalah. Metode pembelajaran discovery learning yang telah diujicobakan dalam beberapa penelitian terbukti dapat meningkatkan keterampilan komunikasi matematis siswa. Pengaruh model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan keterampilan komunikasi matematis siswa dalam pemecahan masalah terbagi menjadi tiga komponen yaitu (1) kemampuan siswa dalam menjelaskan gagasan atau ide dalam menyelesaikan masalah secara lisan maupun tertulis; (2) kemampuan siswa dalam menanggapi keberagaman pendapat tentang penyelesaian suatu masalah dalam kelompok; (3) kemampuan siswa menyatakan suatu permasalahan ke dalam bahasa atau simbol matematika. Berdasarkan hasil kajian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery learning efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi matematis siswa.

Published
2021-06-02