Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving dengan Strategi Act In Out Terhadap Gaya Berfikir Siswa

  • Intan Purnama Universitas Sriwijaya
Keywords: Problem Solving, Strategi Act in Out, Gaya Berfikir

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa dalam memecahkan berbagai permasalahan dalam matematika dengan berpikir kritis dan aktif. Pembelajaran ini berpusat kepada siswa dengan menggunakan berbagai penyelesaian masalah tidak berpacu kepada satu cara saja sehingga siswa menjadi semangat dan berperan aktif sesuai dengan teori problem solving. Ada empat tahapan model pembelajaran problem solving yaitu (1) memahami masalah; (2) merencanakan penyelesaian; (3) melaksanakan penyelesaian masalah sesuai rencana; dan (4) memeriksa kembali (evaluasi). Dengan menggunakan strategi act in out diharapkan mampu membuat semangat siswa dalam belajar semakin tinggi dan cara berpikir mereka diharapkan semakin kreatif serta kritis dalam menyelesaikan suatu permasalahan sehingga menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Siswa dapat berperan aktif, guru sebagai fasilitator saja sehingga tujuan pembelajaran yang terdapat di rencana pelaksanaan pembelajaran dapat terlaksana.

Published
2021-06-02