Strategi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Materi Statistika
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan strategi jawaban siswa dalam menyelesaikan soal-soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada materi statistika. Soal HOTS yang diberikan merupakan soal HOTS materi statistika yang erat hubungannya dengan kehidupan sehari-hari (kontekstual). Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Lima belas siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) berpartisipasi dalam penelitian ini. Data dikumpulkan melalui tes, wawancara disertai dengan rekaman video dan catatan lapangan. Tes diberikan untuk melihat hasil penyelesaian soal oleh siswa, wawancara digunakan untuk mengetahui bagaimana cara berpikir siswa untuk menyelesaikan soal, rekaman video dan catatan lapangan digunakan sebagai data pendukung. Siswa memiliki beragam strategi dalam menghitung rata-rata suatu data seperti: mengoraganisasi data yakni membuat tabel distribusi frekuensi, strategi lainnya adalah menyederhanakan masalah serupa yakni dengan menghitung rata-rata data kecil kemudian menghitung rata-rata data keseluruhan. Dalam mengkonversi data dari tabel ke diagram, ada siswa yang melakukan scanning dan perbandingan besar porsi pada diagram secara langsung atau strategi ini disebut bernalar secara logis dan ada juga siswa melakukan perhitungan secara menyeluruh strategi ini disebut menghitung semua kemungkinan. Beragam strategi lainnya muncul dalam menyusun data suatu nilai, jika rata-rata, median dan modus diketahui. Keberagaman strategi siswa menyelesaikan soal-soal HOTS materi statistika yang diberikan, menunjukkan siswa memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi, yakni: kemampuan menganalisis, kemampuan mengevaluasi, mengkreasi serta kemampuan berpikir kritis.