Pengembangan bahan ajar metode numerik untuk meningkatan pemahaman konsep mahasiswa di STKIP Muhammadiyah Pagaralam

  • N Susanti STKIP Muhammadiyah Pagaralam
  • R Ervina STKIP Muhammadiyah Pagaralam
Keywords: Pengembangan, modul metode numerik, Pemahaman Konsep

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar berupa modul metode numerik yang praktis dan efektif serta mengetahui efek potensial terhadap pemahaman konsep mahasiswa STKIP Muhammadiyah Pagaralam. Metode penelitian menggunakan metode pengembangan (Research and development/R&D). Subjek dalam penelitian ini adalah Mahasiswa program studi pendidikan matematika STKIP Muhammadiyah Pagaralam semester tujuh tahun 2018/2019 yang berjumlah 16 orang. Metode Penelitian ini terdiri dari dua tahap yaitu (1) priliminary, meliputi tahap analisis dan desain bahan ajar (2) formative study meliputi tahap self evaluation, expert reviews, one-to-one dan small group dan field test. Berdasarkan hasil analisis data maka disimpulkan bahwa (1) penelitian ini telah menghasilkan bahan ajar metode numerik yang valid dan praktis. Valid tampak pada hasil revisi berdasarkan hasil validasi oleh beberapa validator berdasarkan konten, konstruk, dan bahasa. Praktis tampak pada hasil pengamatan uji small group, dan diperoleh bahwa bahan ajar yang dikembangkan mudah dipakai, sesuai alur pikir mahasiswa dan mudah dipahami. Selain valid dan praktis, bahan ajar ini juga mempunyai efek potensial terhadap pemahaman konsep mahasiswa STKIP Muhammadiyah diperoleh rata-rata 75,75 dengan kategori baik.

Author Biography

N Susanti, STKIP Muhammadiyah Pagaralam

Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar berupa modul metode numerik yang praktis dan efektif serta mengetahui efek potensial terhadap pemahaman konsep mahasiswa STKIP Muhammadiyah Pagaralam. Metode penelitian menggunakan metode pengembangan (Research and development/R&D). Subjek dalam penelitian ini adalah Mahasiswa program studi pendidikan matematika STKIP Muhammadiyah Pagaralam semester tujuh tahun 2018/2019 yang berjumlah 16 orang. Metode Penelitian ini terdiri dari dua tahap yaitu (1) priliminary, meliputi tahap analisis dan desain bahan ajar (2) formative study meliputi tahap self evaluation, expert reviews, one-to-one dan small group dan field test. Berdasarkan hasil analisis data maka disimpulkan bahwa (1) penelitian ini telah menghasilkan bahan ajar metode numerik yang valid dan praktis. Valid tampak pada hasil revisi berdasarkan hasil validasi oleh beberapa validator berdasarkan konten, konstruk, dan bahasa. Praktis tampak pada hasil pengamatan uji small group, dan diperoleh bahwa bahan ajar yang dikembangkan mudah dipakai, sesuai alur pikir mahasiswa dan mudah dipahami. Selain valid dan praktis, bahan ajar ini juga mempunyai efek potensial terhadap pemahaman konsep mahasiswa STKIP Muhammadiyah diperoleh rata-rata 75,75 dengan kategori baik.

Published
2021-06-02