PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS COMPUTATIONAL THINKING UNTUK PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BAGI GURU-GURU MGMP SMA KABUPATEN MUSI BANYUASIN

  • Hapizah Hapizah Universitas Sriwijaya
  • Budi Mulyono Universitas Sriwijaya
  • Nyimas Aisyah Universitas Sriwijaya
  • Weni Dwi Pratiwi Universitas Sriwijaya
  • Yovika Sukma Universitas Sriwijaya
  • M. Hasbi Ramadhan Universitas Sriwijaya

Abstract

Kegiatan mendampingi pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis computational thinking dalam pembelajaran berdiferensiasi adalah bentuk pengabdian kepada masyarakat, dengan tujuan meningkatkan kualitas profesionalisme guru matematika di tingkat SMA Kabupaten Musi Banyuasin. Proses kegiatan pengabdian ini mencakup persiapan, pendampingan, implementasi, dan tindak lanjut. Kegiatan dilakukan secara langsung di SMP Negeri 6 Sekayu, diikuti oleh diskusi melalui grup Whatsapp, dan akhirnya melalui pertemuan online menggunakan Zoom. Sebagai bagian dari evaluasi, kuesioner disebarluaskan, dan hasilnya menunjukkan bahwa guru-guru memberikan penilaian rata-rata sebesar 88,65%, menunjukkan kepuasan yang tinggi terhadap kegiatan pengabdian ini. Hasil pendampingan menyimpulkan bahwa secara keseluruhan, guru-guru matematika di SMA Kabupaten Musi Banyuasin telah berhasil menyusun LKPD berbasis computational thinking untuk pembelajaran berdiferensiasi, meskipun masih memerlukan pelatihan dan peningkatan lebih lanjut.

Kata kunci:  lembar kerja peserta didik, computational thinking, pembelajaran berdiferensiasi
Published
2024-05-31
How to Cite
Hapizah, H., Mulyono, B., Aisyah, N., Pratiwi, W., Sukma, Y., & Ramadhan, M. H. (2024). PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS COMPUTATIONAL THINKING UNTUK PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BAGI GURU-GURU MGMP SMA KABUPATEN MUSI BANYUASIN. JOURNAL OF SRIWIJAYA COMMUNITY SERVICE ON EDUCATION (JSCSE), 3(1), 37-46. https://doi.org/https://doi.org/10.36706/jscse.v3i1.1225