PENDAMPINGAN PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENDUKUNG COMPUTATIONAL THINKING PESERTA DIDIK BAGI GURU-GURU MATEMATIKA KOTA KAYUAGUNG

  • Budi Mulyono Universitas Sriwijaya
  • Yovika Sukma Universitas Sriwijaya

Abstract

Computational thinking mampu mengasah pengetahuan matematis serta pengetahuan logis peserta didik. Computational thinking dapat difasilitasi dengan menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi. Informasi yang diperoleh dari guru-guru matematika Kota Kayuagung, para guru tersebut masih kurang memahami terkait konsep computational thinking, penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi, serta kurangnya pengetahuan dan pengalaman terkait bagaimana merancang media pembelajaran berbasis teknologi untuk mendukung computational thinking peserta didik. Berdasarkan informasi tersebut, Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Sriwijaya mengadakan kegiatan pendampingan kepada guru-guru yang tergabung dalam kelompok Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika Kota Kayuagung. Peserta pada kegiatan pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini sebanyak 20 orang. Kegiatan PkM ini dilaksanakan secara hybrid, yaitu secara tatap muka dan tatap maya melalui zoom conference meeting (synchronous) dan WhatsApp grup (asynchronous). Kegiatan PkM ini terlaksana dengan baik dan diikuti dengan sangat antusias oleh semua peserta. Media pembelajaran yang dirancang oleh peserta selama kegiatan pendampingan sudah memuat semua nilai-nilai computational thinking, sehingga dapat mendukung computational thinking peserta didik. Tindak lanjut dari kegiatan PkM ini adalah peserta PkM memiliki media pembelajaran berbasis teknologi yang dapat digunakan pada kegiatan pembelajaran untuk mendukung computational thinking peserta didik, serta diharapkan peserta PkM mampu merancang media pembelajaran berbasis teknologi lainnya pada materi lainnya secara berkelanjutan.

Published
2023-12-09
How to Cite
Mulyono, B., & Sukma, Y. (2023). PENDAMPINGAN PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENDUKUNG COMPUTATIONAL THINKING PESERTA DIDIK BAGI GURU-GURU MATEMATIKA KOTA KAYUAGUNG. JOURNAL OF SRIWIJAYA COMMUNITY SERVICE ON EDUCATION (JSCSE), 2(2), 51-60. https://doi.org/https://doi.org/10.36706/jscse.v2i2.998

Most read articles by the same author(s)