PELATIHAN PENYUSUNAN SOAL-SOAL TES HIGH ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA GURU-GURU SMP SEKOLAH MITRA FKIP UNSRI DI PALEMBANG

  • Sri Indrawati Universitas Sriwijaya
  • Ernalida Erna Universitas Sriwijaya
  • Sri Sri Utami Universitas Sriwijaya
  • Akhmad Rizqi Turama Universitas Sriwijaya
  • Novritika Novritika Universitas Sriwijaya
Keywords: pelatihan, tes, high order thinking skill (HOTS)

Abstract

Tujuan  pengabdian ini adalah untuk melatih guru-guru SMP bidang studi bahasa Indonesia di Kota Palembang mendesain soal-soal HOTS yang sesuai dengan kompetensi dasar di Kurikulum 2013. Kegiatan dilakukan dengan menggunakan model pelatihan, ceramah, tanya jawab, diskusi,latihan, dan tugas. Pelaksanaan kegiatan pengabdian ini dilakukan pada 26, 28, dan 29 September 2020 melalui zoom meeting. Khalayak sasaran adalah guru-guru bidang Bahasa Indonesia SMP sekolah mitra yang berjumlah 34 orang. Rancangan evaluasi menggunakan tes dan lembar pengamatan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa  pemahaman guru terhadap HOTS masih belum memadai. Hal ini disebabkan masih ada beberapa guru belum mampu membedakan antara C3, C4, dan C5. Penyebabnya adalah kekeliruan dalam menafsirkan kata kerja operasional pada ketiga ranah tersebut. Soal-soal yang dibuat para guru belum maksimal memenuhi standar HOTS. Saat dikaitkan dengan AKM (Asesmen Komptensi Minimum) soal-soal itu belum mencapai standar seperti yang diharapkan.

Published
2022-05-12
How to Cite
Indrawati, S., Erna, E., Sri Utami, S., Turama, A., & Novritika, N. (2022). PELATIHAN PENYUSUNAN SOAL-SOAL TES HIGH ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA GURU-GURU SMP SEKOLAH MITRA FKIP UNSRI DI PALEMBANG. JOURNAL OF SRIWIJAYA COMMUNITY SERVICE ON EDUCATION (JSCSE), 1(1), 22-29. https://doi.org/https://doi.org/10.36706/jscse.v1i1.362