PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS ESAI MAHASISWA UNIVERSITAS SRIWIJAYA MENGGUNAKAN PENDEKATAN MIND MAPPING

  • Kasmansyah Kasmansyah
  • latifah ratnawati Universitas Sriwijaya
  • Ali Masri Universitas Sriwijaya
  • Nurbaya Nurbaya Universitas Sriwijaya
  • Akhmad Rizqi Turama Universitas Sriwijaya

Abstract

Penelitian “Peningkatan Kemampuan Menulis Esai dalam Mata Kuliah Bahasa Indonesia Mahasiswa Semester 1 Kelas MPK Kampus Inderalaya Menggunakan Mind Mapping” ini bertujuan meningkatkan kualitas proses  dan hasil perkuliahan bahasa Indonesia di Kelas MPK Kampus Inderalaya. Metode penelitian adalah tindakan kelas dengan pendekatan Mind Mapping. Data diperoleh  melalui  tes, wawancara, dan observasi kepada mahasiswa MPK Kampus Inderalaya  Universitas Sriwijaya. Bentuk data berupa tulisan esai. Penelitian tindakan kelas ini  dilakukan dalam dua siklus. Siklus pertama diperoleh rata-rata nilai mahasiswa adalah 67,6 dan pada siklus kedua hasilnya adalah 77,4. Penelitian ini berakhir pada siklus kedua mengingat 86,6% siswa mendapatkan nilai di atas 70 yang merupakan patokan nilai keberhasilan penelitian ini. Selain itu terjadi pula, peningkatan aktivitas mahasiswa dalam proses perkuliahan. Dengan demikian, penggunaan pendekatan Mind Mapping berhasil meningkatkan kemampuan mahasiswa menulis esai.

Published
2022-07-22