Pengaruh Strategi Creative Problem Solving terhadap Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Siswa Kelas X SMA Srijaya Negara Palembang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetaui adakah pengaruh strategi Creative Problem Solving terhadap kemampuan menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMA Srijaya Negara Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas X.I sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 siswa dengan perlakuan strategi Creative Problem Solving dan kelas X.5 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 40 siswa dengan perlakuan konvensional. Teknik analisis data menggunakan SPSS 2.1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil tes antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Nilai rata-rata tes awal kelas eksperimen 55.71 meningkat sebesar 28.28 menjadi 84.00 pada tes akhir. Nilai rata-rata tes awal kelas kontrol 55.42 meningkat sebesar 20.20 menjadi 75.62 pada tes akhir. Hasil penelitian menunjukkan pada kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Hasil analisis data dengan uji-t membuktikan bahwa thitung>ttabel atau (4.552)>(1.667) dengan df=70 pada tingkat signifikansi 95%. Oleh sebab itu, Ha yang berbunyi "Penggunaan strategi Creative Problem Solving memiliki pengaruh dalam pembelajaran menulis karangna argumentasi pada siswa kelas X SMA Srijaya Negara Palembang" dapat diterima. Dengan diterima Ha, maka dapat disimpulkan bahwa strategi Creative Problem Solving berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar dalam menulis karangan argumentasi.