Model Bahan Ajar Menulis Artikel Ilmiah Untuk Guru Bahasa Indonesia SLTP

  • Orsida Orsida
Keywords: bahan ajar, artikel ilmiah, pendekatan interaktif

Abstract

Tulisan ini berdasarkan sebuah penelitian pengembangan dengan tujuan melahirkan bahan ajar yang efektif untuk platihan menulis artikel ilmiah bagi guru-guru bahasa Indonesia SLTP. Pengamatan Awal menunjukkan bahwa bahan ajar yang ada belum memadai dari segi relevansi, kekhususan, dan kemenarikan. Penelitian ini melahirkan silabus yang bercirikan pemberian tugas dan unsur situasional, topikal dan fungsional dikembangkan melalui analisis pelatihan/workshop dengan mengelompokkan kompetensi dasar, indikator, dan materi pokok. Bahan ajar dikembangkan berdasarkan KBK, pendekatan interaktif, workshop bermakna, otentisitas, dan pemberian tugas kelompok dan mandiri. Dari hasil tes kemampuan menulis artikel para guru dapat disimpulkan bahwa model bahan ajar menulis artikel ilmiah guru bahasa Indonesia SLTP lebih efektif daripada bahan ajar yang lama (rata-rata pretest: 59,7 dan rerata posttest: 78,3). Hasil uji -t menunjukkan nilai t-hitung (5,72) yang lebih bsar daripada t tabel (2,86) dengan derajat kebebasan N-1 (20) dan derajad keyakinan 0,05%.

Published
2015-05-01