Peningkatan Keterampilan Menulis Akademik Melalui Process-Genre Based Approach Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Unsri
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk meningkatan keterampilan menulis akademik mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya melalui Process-Genre Based Approach. Metode penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah mahasiswa semester III yang berjumlah 30 orang. Penelitian dilakukan di kampus FKIP Bukit Besar Palembang. Penelitian dilakukan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian menggunakan tes, lembar observasi, wawancara, dan catatan lapangan. Indikator keberhasilan yaitu apabila 85% mahasiswa mendapat nilai >70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan menulis akademik mahasiswa setelah diberi perlakuan dengan menggunakan Process-Genre Based Approach. Penelitian ini berakhir pada siklus II karena nilai telah mencapai indikator keberhasilan, yaitu 96,6% mahasiswa telah mendapat nilai >70. Selain itu, dari segi proses pebelajaran, hampir semua mahasiswa telah menunjukkan keaktifan dalam bertanya, mengajukan gagasan, melakukan kolaborasi, dan mengerjakan tugas dengan baik.