Hubungan Kemampuan Membaca Kritis, Kecerdasan Emosional, dan Intelegensi dengan Kemampuan Menulis Argumentasi pada Siswa Kelas X SMA SANTA YOSEF LAHAT
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan kemampuan membaca kritis, kecerdasan emosional, dan intelegensi dengan kemampuan menulis argumentasi pada siswa kelas X SMA Santo Yosef Lahat. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik sampling jenuh, yang berjumlah 128 orang siswa. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes dan teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah program olah data statistik SPSS 20. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan kemampuan membaca kritis, kecerdasan emosional, dan intelegensi dengan kemampuan menulis argumentasi pada siswa kelas X SMA Santo Yosef Lahat. Kemampuan membaca kritis siswa berhubungan positif dengan kemampuan menulis argumentasi, dengan r sebesar 0,422. Kecerdasan emosional siswa berhubungan cukup positif dengan kemampuan menulis argumentasi dengan r sebesar 0,599. Intelegensi siswa berhubungan cukup positif dengan kemampuan menulis argumentasi, dengan r sebesar 0,466. Secara bersama-sama kemampuan membaca kritis, kecerdasan emosional, dan intelegensi berhubungan positif dengan kemampuan menulis argumentasi, dengan r sebesar 0,619. Keeratan hubungan atau kuatnya pengaruh terlihat dari R square sebesar 38,3%. Artinya, semakin tinggi kemampuan membaca kritis, kecerdasan emosional, dan intelegensi semakin tinggi pulakemampuan menulis argumentasi.