Aplikasi Kesantunan Berbahasa Berbasis Karakter dalam Perangkat Pembelajaran pada PAUD di Kota Palembang Universitas Sriwijaya

  • Santi Oktarina
  • Sri Sumarni
  • Zahra Alwi
Keywords: perangkat pembelajaran, kesantunan berbahasa, pendidikan karakter, PTK

Abstract

Penelitian dengan judul, "Aplikasi Kesantunan Berbahasa Berbasis Karakter dalam Perangkat Pembelajaran pada PAUD di Kota Palembang" ini bertujuan untuk mengaplikasikan hasil penelitian yang sudah diperoleh pada tahun pertama. Temuan hasil tahun pertama berupa deskripsi kesantunan berbahasa anak PAUD di kota Palembang yang sudah berbasis pendidikan karakter. Keduanya disosialisasikan kepada guru PAUD di kota Palembang. Selain itu disusun perangkat pembelajaran berbasis karakter pada berbasis karakter pada PAUD mlalui kolaborasi dengan para guru PAUD. Para guru pun diminta menyusun proposal PTK dan melaksanakan penelitian PTK , serta mensosialisasikan hasilnya pada seluruh guru PAUD di kota Palembang. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan oleh guru PAUD menggunakan teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, lembar pengamatan, angket, tes, wawancara, dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini sangat bermanfaat, baik secara teoretis dan praktis. Secara teoretis, penelitian ini dapat dijadikan sumbangan teori kesantunan berbahasa anak yang berbasis pendidikan karakter. Secara praktis, penelitian ini bermanfaat bagi guru PAUD dalam mengemas perangkat pembelajaran bahasa, khususnya dalam mengajarkan karakter santun anak-anak didiknya. Guru melaksanakan penelitian tindakan kelas menerapkan perangkat pembelajaran berbahasa yang berbasis pendidikan karakter.

Published
2021-10-22