Persepsi Guru SMP, SMA, dan SMK di Kabupatan Ogan Komering Ilir terhadap Penulisan Karya Ilmiah
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan persepsi guru SMP, SMA, dan SMK di Kabupaten Ogan Komering Ilir tentang pemahaman, pengetahuan, dan pengalaman guru menulis karya ilmiah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Populasi penelitian adalah seluruh guru SMP, SMA, dan SMK se-Kabupaten Ogan Komering Ilir. Sampel penelitian adalah guru SMP, SMA, dan SMK sebanyak 50 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket tentang pemahaman, pengetahuan, dan pengalaman guru menulis karya ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman guru terhadap penulisan karya ilmiah cukup rendah (32%), pengetahuan guru tentang penulisan karya ilmiah (34%), guru mengaku kesukaran menemukan topik-topik penelitian dalam penulisan karya ilmiah (76%), guru mengaku kesukaran merumuskan masalah penelitian untuk menulis karya ilmiah (64%), dan guru kurang berpengalaman menulis karya ilmiah (24%), baik dalam lingkup mata pelajaran ataupun di luar mata pelajaran yang diasuh. Hal ini membuktikan bahwa persepsi guru terhadap penulisan karya ilmiah termasuk kategori rendah.