Pengaruh Model Mind Mapping Konstruktif Imajinatif terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa SMA Negeri 19 Palembang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Mind Mapping Konstruktif Imajinatif (MMKI) terhadap kemampuan menulis cerpen siswa SMA Negeri 19 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 19 Palembang. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas kontrol yaitu kelas XI MIA 4 yang berjumlah 28 orang dan kelas eksperimen kelas XI Mia 5 yang berjumlah 36 orang. Instrumen yang digunakan untuk untuk mengumpulkan data adalah tes kemampuan menulis cerpen. Tes digunakan untuk memperoleh data kemampuan menulis cerpen. Analisis data menggunakan SPSS 20. Berdasarkan hasil analisis data pada kelas kontrol terdapat rata-rata tes awal yaitu 52.32 dan tes akhir 59.13. Sementara itu, tes awal pada kelas eksperimen 63.71 dan tes akhir 73.89. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran keterampilan menulis cerpen dengan menerapkan model Mind Mapping KOnstruktif Imajinatif (MMKI) mempunyai pengaruh yang signifikan dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Hal ini terbukti dari hasil uji t, yaitu t hitung lebih besar dari t tabel (2,00>1,999) dengan sig.0,05. Ini berarti bahwa MMKI dapat digunakan oleh guru-guru bahasa Indonesia terutama dalam pembelajaran menulis cerpen.