Penerapan Contextual Teaching and Learning dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia Kelas MPK FKIP Unsri Palembang

  • nurbaya nurbaya
  • Srirarasati Mulyani
  • Zahra Alwi
Keywords: Bahasa Indonesia Course, CTL approach

Abstract

Penelitian dengan judul "Peningkatan Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa Semester 1 Kelas Matematika FKIP Unsri Palembang Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching dan Learning" ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan Pendekatan Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia, mahasiswa semester 1 prodi Matematika MPK Bahasa Indonesia kelas Palembang. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan penelitian tindakan kelas, melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan penilaian, serta refleksi. Teknik pengumpulan datanya menggunakan tes dan lembar pengamatan. Hasil yang ditargetkan dari penelitian ini adalah: deskripsi perencanaan/silabus perkuliahan bahasa Indonesia yang dirancang menggunakan pendekatan contextual teaching and learning yang dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam kuliah bahasa Indonesia, dan nilai yang diperoleh mahasiswa juga mengalami peningkatan. Nilai rata-rata mahasiswa mengalami peningkatan dari 66 menjadi 67, dan menjadi 81. Selain itu, mahasiswa yang mencapai KKM juga mengalami peningkatan, dari 11 orang menjadi 24 orang, dan menjadi 34 orang.

Published
2021-10-22