Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Guru-Guru SD, MTs, MA, di Desa Semuntul, Rantau Bayur, Banyu Asin

  • Agus Saripudin
  • Didi Suhendi
  • Ernalida Ernalida
  • Abdul Ghofur
  • Afriansyah Afriansyah
Keywords: pelatihan, kemampuan menulis, artikel ilmiah

Abstract

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru-guru SD, MTs, MA, di Desa Semuntul, Rantau Bayur, Banyu Asin menulis artikel ilmiah. metode yang digunakan dalam pelatihan ini yaitu ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan. Untuk mengetahui peningkatan kemampuan guru dalam menulis artikel ilmiah sebelum dan sesudah pelatihan diadakan tes awal dan akhir yaitu 7,6. Hal ini menunjukkan bahwa secara kuantitatif terdapat peningkatan kemampuan guru-guru dalam menulis artikel ilmiah sebesar 2,2. Hasil analisis secara kualitatif juga menunjukkan bahwa guru-guru sudah menunjukkan kemampuan menulis artikel ilmiah terutama menulis latar belakang walaupun mereka masih lemah pada bagian pembahasan. Hal ini terbukti dari hasil artikel ilmiah yang ditulis sebagai produk dari pelatihan ini. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa pelatihan ini dapat meningkatkan kemampuan menulis artikel ilmiah guru-guru SD, MTs, MA, di Desa Semuntul, Rantau Bayur, Banyu Asin. Dengan demikian, model pelatihan ini dapat digunakan sebagai sarana bagi guru dalam meningkatkan kemampuan menulis artikel ilmiah.

Published
2021-10-22