PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MENULIS MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN PROSES DI KELAS V SEKOLAH DASAR
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi, aktivitas, dan kemampuan menulis pada siswa sekolah dasar dengan menerapkan pendekatan proses. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang setiap siklusnya mencakup perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak tiga siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan proses yang meliputi lima fase kegiatan menulis, dapat meningkatkan kualitas pelaksanaan dan hasil pembelajaran menulis siswa sekolah dasar. Lima tahap tersebut adalah pramenulis, menulis, merevisi isi, mengedit bahasa, dan berbagi tulisan. Peningkatan ini ditunjukkan oleh meningkatnya jumlah siswa yang termotivasi dan memiliki partisipasi yang sangat baik selama proses penulisan kreatif. Selain itu, peningkatan juga terlihat dengan semakin banyaknya siswa yang mencapai prestasi belajar menulis yang baik.Persentase siswa yang mendapat nilai 75 meningkat setiap siklusnya (45%, 70%, dan 75% masing-masing untuk Siklus I, II, dan III). Cara penerapan pendekatan proses yang efektif adalah(1) tahap prapenulisan melalui pemilihan dan pembatasan pedoman topik esai serta pedoman dalam penyusunan sketsa esai, (2) tahap penulisan dengan panduan untuk mengembangkan topik dalam sketsa esai menjadi paragraf untuk menghasilkan draft esai, (3) tahap revisi dan tahap penyuntingan dengan memberikan umpan balik tentang kesalahan pada konten esai dan kesalahan dalam tata bahasa serta dengan memberikan panduan tentang bagaimana meningkatkan konten dan memperbaiki kesalahan tata bahasa, dan (4) ) tahap publikasi yang dicapai dengan memajang karya siswa di papan informasi.