PERANAN POLA PENGASUHAN ORANG TUA BERPROFESI GURU MADRASAH BERASRAMA TERHADAP PEMEROLEHAN BAHASA

Tinjauan Psikolinguistik Anak Usia 3 Tahun

  • Afryansyah afryansyah MAN Insan Cendekia OKI
Kata Kunci: pola pengasuhan, orang tua, pemerolehan bahasa, psikolinguistik

Abstrak

Tujuan penelitian ini, yaitu untuk mendeskripsikan peranan pola pengasuhan orang tua berprofesi guru madrasah berasrama terhadap pemerolehan bahasa anak usia 3 tahun. Untuk mencapai tujuan tersebut, digunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan teori pemerolehan bahasa (Dardjowidjojo). Penelitian dilakukan di komplek perumahan guru MAN Insan Cendekia OKI selama Maret—April 2022 dengan teknik libat cakap dan wawancara sederhana kepada dua anak usia 38 bulan dan 40 bulan. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis elemen-elemen fonologi, morfologi, dan sintaksis yang disesuaikan dengan usia kedua anak tersebut didasarkan pijakan teori Soenjono Dardjowidjojo. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil bahwa pola pengasuhan yang dilakukan langsung oleh Ibu dan orang lain (pengasuh) memberikan dampak yang berbeda dalam pemerolehan bahasa bagi anak usia 3 tahun. Kf yang diasuh oleh nenek (pengasuh) karena ayah dan ibunya mengajar di madrasah berasrama, Kf baru memiliki kemampuan fonologi, tetapi belum cukup baik dalam tataran morfologi dan sitaksis. Sementara itu, Hs yang diasuh langsung selama 24 jam oleh ibunya (hanya ayahnya yang bekerja) memiliki kemampuan dan pemerolehan bahasa yang hampir sempurna baik dari tataran fonologi, morfologi, maupun sitaksis. 

Diterbitkan
2023-06-05