Pengembangan Bahan Ajar Apresiasi Prosa Fiksi
Keywords:
pengembangan bahan ajar, apresiasi, prosa fiksi
Abstract
Penelitian dilatarbelakangi oleh sudah tersusunnya prototipe bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Namun, bahan ajar belum divalidasi dan diuji efektivitasnya. Hal ini disebabkan penelitian sebelumnya lebih terfokus pada penyusunan bahan ajar. Oleh karena itu, penelitian ini perlu dilakukan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menciptakan suatu buku ajar apresiasi prosa fiksi. Hasil yang diharapkan adalah tercipta bahan ajar yang utuh (kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, bahan/materi, kegiatan perkuliahan, latihan dan evaluasi). Penelitian ini menggunakan desain penelitian pengembangan, diawali menyusun tujuan pembelajaran, menganalisis kebutuhan, menyusun bahan ajar, memvalidasi prototipe kepada tiga orang reviuwer, memperbaiki dan menyusun prototipe bahan ajar sesuai saran reviuwer. Tiga validator yang dimaksud adalah validator materi, validator bahasa, dan validator media. Hasil validasi menunjukkan bahwa produk ini layak untuk diujicobakan. Setelah diujicoba kepada mahasiswa, hasil pretes dan postes menunjukkan adanya kenaikan nilai mahasiswa dari rata-rata 72 menjadi 84.
Published
2021-06-29
Section
Articles